Search

Disentil Megawati, Jokowi Jamin Jatah Menteri PDIP Terbanyak

Disentil Megawati, Jokowi Jamin Jatah Menteri PDIP Terbanyak

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi menjawab permintaan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terkait jatah menteri pada kabinet selanjutnya. Jokowi memastikan PDIP mendapat jatah menteri terbanyak di antara partai lainnya.

Permintaan itu disampaikan secara langsung di hadapan Jokowi saat Megawati berpidato di acara Kongres V PDIP 2019 di Bali. Megawati menolak jika Jokowi hanya memberikan jatah menteri sedikit.

"Ini di dalam kongres partai, Bapak Presiden. Saya meminta dengan hormat bahwa PDI Perjuangan akan masuk ke dalam kabinet dengan jumlah menteri yang harus terbanyak. sip," ujar Megawati sambil tersenyum dan mengacungkan kedua jempolnya, Kamis (8/8).

Para kader yang hadir di kongres pun bersorak riang menyambut permintaan Megawati tersebut.


Dia sempat menyinggung tawaran menteri dari Susilo Bambang Yudhoyono ketika memenangkan pemilu sebelumnya. Namun tawaran itu ditolak Megawati.

Namun kini, sambung Mega, jatah menteri untuk PDIP di era kepemimpinan Joko Widodo harus banyak. Mega mengatakan hal itu karena PDIP adalah partai pemenang pemilu selama dua kali.

"Tapi kalau nanti Pak Jokowi mesti ada menterinya. Mesti banyak. Orang kita pemenang dua kali, betul apa tidak? Saksikan ya!" kata Megawati.


Pernyataan itu disambut sorak sorai para hadirin kongres. Dia pun meminta kepada Jokowi agar tidak menolak permintaan itu.

"Jangan nanti, "Ibu Mega, saya kira karena PDI sudah banyak kemenangan, sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat ya'. Emoh," kata Megawati sambil tertawa.

"Tidak mau, tidak mau, tidak mau," tambahnya.

Pada kesempatan berbeda, Jokowi menjawab permintaan Megawati saat menyampaikan pidato di kongres tersebut. Dia memastikan kader PDIP akan menduduki jabatan menteri terbanyak.

"Soal menteri, tadi Ibu Mega bilang ya jangan empat doang. Tapi kalau yang lain dua tapi kan PDIP empat. Kalau yang lain tiga, PDIP enam? Belum tentu juga," ujar Jokowi.

"Tapi yang jelas PDI Perjuangan pasti yang terbanyak. Itu jaminannya saya," tegas Jokowi.


[Gambas:Video CNN](sah/pmg)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Disentil Megawati, Jokowi Jamin Jatah Menteri PDIP Terbanyak"

Post a Comment

Powered by Blogger.