Search

Sepakat Berdamai, Pemberontak Filipina Serahkan 940 Senjata

Sepakat Berdamai, Pemberontak Filipina Serahkan 940 Senjata

Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu kelompok pemberontak terbesar di Filipina, Fron Pembebasan Islam Moro (MILF), menyerahkan 940 senjata sebagai bagian dari kesepakatan damai dengan pemerintah.

Sejumlah kelompok pemantau internasional melaporkan bahwa mereka menerima ratusan senjata itu dari sekitar seribu mantan anggota MILF hanya dalam kurun waktu sehari pada Sabtu (7/9).

"Perang sudah berakhir. Saya sudah tidak punya senjata lagi," ujar Paisal Abdullah Bagundang, seorang anggota MILF yang mengaku terlibat dalam lebih dari 100 baku tembak dengan pasukan pemerintah sejak medio 1970-an.

Upaya perundingan damai pemerintah dengan kelompok pemberpontak di Filipina memang sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu.

Kesepakatan pada tahun lalu ini sendiri merupakan perluasan dari hasil perundingan damai antara pemerintah dan Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF), kelompok pemberontak awal di Filipina yang juga merupakan cikal bakal MILF.

Pada 1976, MNLF mencapai kesepakatan damai dengan pemerintah dengan pembentukan Kawasan Otonomi Muslim Mindanao (ARMM) yang dianggap gagal karena tak dapat membendung perlawanan bersenjata di wilayah tersebut.

Dalam perkembangannya, MILF yang awalnya hanya kelompok sempalan MNLF mengajukan perluasan otonomi dalam kesepakatan damai pada 2014 lalu.

Di bawah hukum ini, Bangsamoro akan diberikan US$950 juta biaya pembangunan selama 10 tahun ke depan, juga mendapatkan bagian dari hasil pajak di daerah kekuasaan mereka.

[Gambas:Video CNN]

Namun, pemerintah pusat akan tetap memegang kendali atas kepolisian meski pemimpin daerah otonom tetap dapat terlibat dalam urusan keamanan.

Sebagai timbal balik, para militan MILF yang diperkirakan berjumlah 30 ribu orang, akan menyerahkan senjatanya kepada pemerintah. (has)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sepakat Berdamai, Pemberontak Filipina Serahkan 940 Senjata"

Post a Comment

Powered by Blogger.